Gaya Hidup Sehat Dimulai Dari Apa Yang Anda Makan

Diposting oleh Unknown on Kamis, 25 April 2013

Gaya Hidup Sehat Dimulai Dari Apa Yang Anda Makan


Setelah sebelumnya membahas Sehat Dengan Konsumsi Biji-Bijian, sekarang saya coba bahas Gaya Hidup Sehat Dimulai Dari Apa Yang Anda Makan. Mengonsumsi makanan sehat tidak mengharuskan Anda untuk selalu membeli bahan-bahan makanan impor atau organic yang harganya mahal. Anda bisa kok, menciptakan kebiasaan makan sehat dengan cara Anda sendiri.

Fresh Breakfast


Minimnya waktu yang dimiliki di pagi hari membuat menu sarapan tidak memberikan manfaat optimal bagi tubuh. Susu dan sereal misalnya, yang seringkali menjadi menu sarapan favorit kebanyakan orang. Kandungan gula di sereal yang relatif tinggi malah membuat Anda cepat lapar lagi. “kunci” sarapan sempurna adalah fresh food, alias makanan segar yang seminim mungkin melalui proses pengolahan pabrik, seperti telur atau buah-buahan. Gantilah sereal favorit Anda dengan telur-olah menjadi telur rebus, telur setengah matang, omelet atau orak-arik. Kandungan protein pada telur membuat Anda kenyang lebih lama. Buah segar seperti pisang, papaya, kiwi dan lain-lain juga baik untuk menu sarapan.

Complete Lunch


Pastikan makan siang Anda lengkap secara nutrisi. Jika memungkinkan, bawa bekal makan siang sendiri yang sudah Anda siapkan di rumah, Makan siang sehat harus memiliki elemen sayur, lauk-pauk, dan buah-buahan. Daripada membeli mie ayam di depan kantor, lebih baik makan tumis bayam dan tahu tempe buatan sendiri kan ? Jika tak sempat memasak, pilihlah menu makan siang yang lebih sehat, seperti nasi capcay. Sebagai Dessert, sesekali membeli rujak boleh-boleh saja, tapi singkirkan bumbunya. Bumbu rujak yang pedas bisa menyebabkan gangguan pencernaan. Jangan lupa minum air putih sebanyak-banyaknya agar terhindar dari dehidrasi.

Simple Dinner


Saat makan malam, keep it simple. Semangkuk salad dengan miso soup sudah cukup mengenyangkan. Hindari makanan dan minuman yang mengandung gula seperti minuman besoda, cake, atau es krim. Kalau masih lapar, biasakan untuk ‘mengganjal perut’ dengan buah. Tak masalah jika Anda terbiasa makan malam di restoran karena tak sempat memasak, tapi bijaklah dalam memilih menu restoran.

Salam.. Biolo Wsc

 

{ 0 komentar... read them below if any or add comment }

Posting Komentar

 
FASTSEO - SEO Friendly Blogger Template Design by Tutorial SEO Blogspot